Mengapa Pria Jadi Makhluk Visual!

PRIA sering disebut sebagai makluk visual. Karena itu tak heran bila mereka memiliki pattern atau patokan terhadap pasangannya. Hal itu pula yang membuat pria sering menuntut pasangannya untuk menjaga penampilan fisik seperti yang diinginkan mereka.

"Kaum adam memang makhluk visual yang tertarik dengan lawan jenisnya melalui atribut phisicly baru memutuskan untuk membina suatu hubungan. Jadi pada intinya seorang pria yang melihat secara phisicly, biasanya tidak membuatnya banyak berubah saat menjalin hubungan dengan seorang wanita," kata psikolog Bondan Seno Prasetyadi saat berbincang dengan okezone, Rabu (5/11/2008).

Berbeda dengan wanita yang mengutamakan kenyamanan secara emosional, sambung Bondan, pria memiliki daya tarik yang besar terhadap fisik lawan jenisnya. Kendati begitu, cara pandang pria akan berubah seiring dengan kematangan usia.

"Saat pria semakin matang dan jam terbangnya tinggi, biasanya mereka akan semakin wise. Dengan banyaknya pengetahuan yang didapat akan mematangkan seorang pria dan membuatnya lebih bijaksana memandang sesuatu. Sehingga pola pikirnya terhadap fisik akan berubah menjadi sebuah guyonan saja," papar psikolog dari PT Mitra Langgeng Sejati ini.

Lebih lanjut Bondan mengungkapkan, bila seorang wanita tidak cerdas emosinya untuk menyikapi pria yang berpikir tentang segala hal hanya secara fisik, maka akan membuat mereka stres.

"Sebenarnya kalau seorang pria masih selalu melihat secara phisicly, wanita harus bisa mengantisipasinya tanpa emosional. Justru saat pria memaksa untuk menjaga bentuk tubuh, jadikan hal itu sebagai masukan yang berarti," imbuhnya.

Nah agar tidak ada miss understanding dengan pola pikir pria yang seperti itu, maka alumni Universitas Gunadarma ini menyarankan agar selalu membina komunikasi yang baik dengan pasangan.

"Komunikasi dengan pasangan itu penting, karena bagaimana dapat mengerti keinginan pasangan tanpa komunikasi yang baik. Kunci langgengnya sebuah hubungan adalah komunikasi, karena itu harus tetap membina komunikasi agar semua berjalan sesuai yang diinginkan," pungkasnya.

(Chaerunnisa - Okezone)

0 komentar: