Cemburu? Boleh Tapi...

Bila rasa cemburu munculnya hanya sekali-sekali, hal itu wajar dan bahkan dapat menghangatkan suatu hubungan. Tapi bila kecemburuan membuat seseorang menjadi marah dan tidak rasional, jelas hal tersebut dapat merusak suatu hubungan.

Apakah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dampaknya?

Sebagai manusia, kita semua pasti pernah mengalami rasa cemburu dalam kehidupan kita walaupun dengan alasan yang berbeda-beda. Perasaan cemburu yang kita rasakan, bisa beraneka ragam. Apa, sih, sebenarnya yang dimaksud dengan cemburu? Cemburu merupakan reaksi yang kompleks terhadap perasaan terancam akan hubungan yang sedang dijalin.

Berbeda dengan rasa benci, cemburu selalu melibatkan rasa takut akan kehilangan. Cemburu melibatkan perasaan, pikiran, dan tingkah laku dalam ruang yang sangat luas. Antara lain:

* Perasaan: sakit, marah, gusar, sedih, benci, takut, sedih, dukacita, dan dihina.
* Pikiran: dendam, menyalahkan, membandingkan dengan saingan, cemas akan pandangan orang, mengasihani diri sendiri.
* Tingkah laku: merasa ingin pingsan, gemetar, berkeringat, tidak berhenti bertanya untuk mencari ketenteraman hatii, bertindak agresif, bahkan kekerasan



JENIS CEMBURU

Cemburu yang menumbuhkan rasa cinta

Dalam suatu hubungan di mana perasaan cemburu tidak terlalu parah dan munculnya hanya sekali-sekali, maka cemburu merupakan suatu peringatan bagi masing-masing pasangan untuk tidak bersikap seenaknya dan saling mendukung untuk saling menghormati dan berusaha membuat pasangannya merasa dihargai.

Cemburu memperkuat perasaan. Pada pasangan suami-istri, setelah rasa cemburu reda, hubungan intim terasa lebih kuat dan seks menjadi lebih menggairahkan. Pada kadar yang kecil, cemburu dapat menjadi pengaruh positif pada suatu hubungan. Tetapi bila cemburu menjadi berlebihan dan tidak rasional, ceritanya akan menjadi lain.

Cemburu yang menghancurkan cinta

Kadang-kadang perasaan cemburu dapat menjadi berlebihan. Misalnya, pada waktu seorang pria membuat malu pasangannya di suatu pesta karena istrinya diajak berdansa oleh seorang teman lamanya atau pada waktu seorang istri cemburu yang tidak beralasan karena atasan suaminya adalah seorang wanita.

Reaksi-reaksi di atas dapat menimbulkan ketegangan antara kedua belah pihak, menyebabkan salah satu pasangan merasa dilupakan dan tidak dihargai. Sementara bagi pasangan yang cemburu, yang menyadari masalah yang sedang mereka hadapi, perasaannya bingung antara menyalahkan dirinya sendiri tetapi di sisi lain merasa sikapnya benar.



BILA ANDA YANG CEMBURU

Mengatasi rasa cemburu membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Bila Anda menyadari bahwa sifat cemburu berasal dari masalah yang Anda alami pada waktu kecil, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya. Bila Anda baru saja sembuh dari suatu perselingkuhan, Anda perlu menyelesaikan masalah-masalah yang bersangkutan terlebih dahulu.

Yang Harus Dilakukan:
Selidiki kenyataan yang terjadi. Lihat dari sudut pandang yang positif, apa yang membuat Anda cemburu dan tanyakan pada diri sendiri, apakah perasaan terancam yang Anda rasakan itu masuk akal. Apa buktinya bahwa hal tersebut membahayakan hubungan Anda? Dan apakah sifat cemburu Anda membuat situasi menjadi lebih buruk?

Berpikiran positif
Bila mulai merasa sakit hati karena cemburu, ingatkan diri sendiri, pasangan mencintai Anda dan sudah komit pada hubungan Anda berdua serta menghargai Anda. Katakan pada diri sendiri, Anda seorang yang menarik, pantas disayang dan dicintai, serta tidak ada yang harus Anda takuti.

Tenteramkan hati
Salah satu cara yang terbaik untuk meredakan rasa cemburu adalah dengan menanyakan langsung kepada pasangan agar Anda merasa tenang. Pastikan Anda tak bertanya dengan cara mengomel atau menggertak seenaknya. Katakan pada pasangan tentang perasaan tidak tenang dan tidak aman yang Anda rasakan dan minta ia untuk membantu mengatasi masalah yang Anda rasakan.



BILA PASANGAN YANG CEMBURU

Mempunyai pasangan yang cemburuan memang bisa melelahkan. Berikut ini ada beberapa kiat yang mungkin dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa cemburunya:

Melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda
Jangan lupa bahwa cemburu merupakan salah satu tanda dari cinta. Bila pasangan tidak ada artinya bagi Anda, Anda tidak akan memiliki masalah ini. Daripada berusaha membela diri, lebih baik mencoba untuk mengerti dan memberikan dukungan.

Koreksi sikap
Bila Anda menyadari bahwa beberapa sikap Anda dapat membuat pasangan cemburu, ubahlah sikap tersebut. Pastikan untuk komit dengan perjanjian yang Anda berdua buat serta hindari membuat janji yang Anda tidak yakin dapat dijalani.

Yakinkan pasangan
Jangan lupa menggunakan setiap kesempatan untuk mengatakan kepada pasangan, betapa Anda mencintainya dan mengapa Anda memilih dia sebagai kekasih/pasangan hidup, dan bukan orang lain. Berikan banyak pujian dan bicarakan mengenai masa depan yang cemerlang yang akan Anda berdua jalani.



JURUS JUTU ATASI CEMBURU

Mengatur Rasa Cemburu

Persiapan:
Sebelum mencoba melakukan latihan ini, siapkan dua lembar kertas (baik Anda dan pasangan, masing-masing menyiapkan dua helai kertas) dan sebelum melakukannya berdua dengan pasangan, sebaiknya coba untuk melakukannya sendiri terlebih dahulu.

Yang harus dilakukan:
Ambil sehelai kertas, bagi menjadi dua kolom. Pada kolom pertama, beri judul "pencetus rasa cemburu saya". Di bawah judul ini tuliskan sebanyak yang Anda ingat, hal atau kejadian apa saja yang membuat Anda cemburu. Baik yang terjadi di masa lalu maupun saat sekarang.

Pada kolom kedua tuliskan judul "pikiran dan perasaan". Baca ulang apa yang sudah Anda tuliskan pada kolom pertama serta tuliskan, sedapat mungkin sejauh yang Anda ingat, bagaimana pikiran dan perasaan Anda pada saat itu. Misalnya, pada saat di suatu pesta pasangan mengobrol lama dengan mantannya dan Anda merasa tidak diperhatikan, kesal bercampur marah.

Pada kertas yang kedua, bagi menjadi dua kolom. Pada kolom pertama beri judul "apa yang dapat saya lakukan untuk membantu diri saya" dan pada kolom kedua tuliskan judul "apa yang dapat dilakukan oleh pasangan untuk membantu saya". Di bawah setiap judul tuliskan pendapat Anda sebanyak mungkin secara spesifik.

Pada kolom pertama, Anda dapat menambahkan "perlu ketenteraman", "mencari informasi", dan "berpikiran positif". Pada kolom yang satunya, dapat ditambahkan "ketertarikan dan penuh perhatian", "tidak berbicara kepada mantan", "setuju terhadap batasan akan godaan".

Bicarakan:
Bila Anda dan pasangan sudah mengisi seluruh kolom, duduk berdua dan baca bersama-sama kolom Anda dan juga kolom pasangan. Hal ini akan membuat Anda berdua mengerti, mengapa rasa cemburu tersebut terjadi. Tapi yang paling penting, pastikan Anda berdua dalam keadaan relaks dan suasana hati sedang tidak sedang marah pada saat melakukan latihan ini.


(Tabloid Nova)

0 komentar: